Elemen HTML

1. Tag HTML

Tag Html merupakan markup/pembungkus yang terdiri dari 2 bagian yang disebut dengan tag awal dan tag akhir. Tag awal dinyatakan dalam bentuk <nama tag> dan tag akhir dinyatakan dalam bentuk </nama tag>.

Dalam sebuah Tag tidak hanya berisi teks, namun juga bisa Tag lain. artinya setiap Tag HTML bisa menjadi isi dari Tag Html lainnya. Contoh <p>Lorem ipsum<br />Dolor Sit Amet</p>, bisa dilihat bahwa tag <br /> ditulis di antara tag <p> dan </p>.

Tag Html tidak bersifat case sensitive. Artinya, Anda bisa menulis dengan huruf besar maupun huruf kecil. Misalnya Tag <html> bisa Anda tulis dengan huruf besar yaitu <HTML> tidak akan terjadi masalah karena tag HTML tidak bersifat case sensitive.

2. Elemen HTML

Elemen HTML adalah nama tag atau isi dari tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup. Sebuah dokumen HTML didefinisikan menggunakan Elemen-Elemen Html. Elemen HTML sendiri merupakan semua yang berada diantara start tag sampai end tag.

Elemen Html dapat dibuat secara bersarang disebut Nested Html. Nested Html merupakan sebuah Elemen atau beberapa Elemen yang berada di dalam suatu Elemen lain pada HTML.

2.1  Elemen Html

Elemen Html atau Tag <html> berfungsi sebagai Tag pembuka dan Tag penutup suatu dokumen HTML. Semua Elemen lainnya, Tag atau kode html akan ditulis dan dicantumkan didalam Elemen Html.

2.2  Elemen Head

Elemen Head atau kepala dari dokumen HTML merupakan Header dari dokumen HTML. Element ini terletak diantara Tag <html> dan tag </html>. Element ini dibuka dengan Tag <head> dan ditutup dengan Tag </head>.

2.3  Elemen Title

Elemen Title merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Elemen ini terletak diantara Tag <head> dan tag </head>. Element ini dibuka dengan Tag <title> dan ditutup dengan Tag </title>.

2.4  Elemen Body

Elemen Body merupakan Elemen yang nantinya akan menampilkan isi dari dokumen HTML. Elemen ini terletak dibawah Tag </head> dan diapit diantara Tag <html> dan tag </html>. Elemen ini dibuka dengan Tag <body> dan ditutup dengan Tag </body>.

3. Atribut HTML

Atribut Html merupakan bagian dari Elemen Html. Atribut bisa Anda gunakan sebagai informasi tambahan pada suatu Tag Html, informasi tersebut bisa berupa perintah untuk mengatur background, size, dsb.

4. Komentar

Seperti dalam bahasa pemrograman yang lainnya, HTML juga memiliki komentar yang dapat digunakan untuk menjelaskan bagian-bagian dari isi web dokumen.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *